Turunkan Kolesterol dengan Diet Sehat

Dipublikasikan oleh Dewi Organik pada

Saat ini tidak sedikit orang dengan kadar kolesterol tinggi yang menghadapi masalah kesehatan. Kadar kolestrol yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Umumnya obat berbahan kimia menjadi solusi bagi yang ingin menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Akan tetapi, obat-obatan kimia terkadang memiliki efek samping yang tidak bisa dihindarkan dan malah menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Cara Turunkan Kolesterol dengan aman dan efektif

Sebenarnya, apabila kita mau menjaga pola makan sehat dengan berdiet, akan lebih aman dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara ini lebih memiliki efek jangka panjang yang baik untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Sebelum mengetahui bagaimana diet berperan dalam mengendalikan kadar kolesterol, alangkah baiknya Anda pahami terlebih dahulu bagaimana proses pembentukan kolesterol tersebut di dalam tubuh.

Dari mana kolesterol berasal?

Pada dasarnya ada dua sumber utama kolesterol dalam tubuh, yaitu tubuh itu sendiri dan makanan yang kita konsumsi. Seperti manusia, hewan pun dapat menghasilkan kolesterol dalam tubuh mereka. Yang mana produk hewani sering kali menjadi bagian makanan manusia yang secara alami mengandung kolesterol. Kolesterol yang berasal dari makanan ini disebut dengan kolesterol makanan.

Di sisi yang lain, hati kita juga memproduksi kolesterol darah yang sebenarnya memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Fungsi kolesterol antara lain sebagai menjaga cairan sel membran, prekursor untuk banyak hormon, termasuk testosteron dan estrogen. Kolesterol juga berperan terhadap pembentukan asam empedu yang membantu mencerna lemak. 

Studi menunjukkan bahwa sekitar 75 persen dari kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh hati dan 25 persen lainnya berasal dari makanan yang kita konsumsi. Ketika kadar kolesterol yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi terlalu tinggi, ini yang tidak baik bagi tubuh. Karena memiliki resiko terkena penyakit jantung.

Jaga kadar kolesterol dengan Pola Makan Sehat

Menginat begitu pentingnya peran kolesterol, maka adalah sebuah kebutuhan bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Dengan catatan dalam batas yang wajar, tidak berlebihan. Seperti ketika makanan dikombinasikan dengan lemak yang sangat jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini berarti tubuh mendapat kolesterol tambahan yang bisa mengendap di arteri. Hal ini bisa membatasi aliran darah normal, membuat arteri tersumbat, sehingga memungkinkan terserang stroke.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol dengan menyeimbangkan diet kolesterol dan mengurangi lemak jenuh dalam makanan. Menyeimbangkan asupan makanan adalah langkah pertama Anda sebagai gaya hidup sehat dan pola makan sehat. Langkah kedua adalah dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran melalui latihan fisik yang teratur.

Menu diet sehat rendah kolesterol

makanan sehat untuk diet kolesterol

Ubahlah pola makan Anda agar terhindar dari kemungkinan terkena penyakit jantung. Berikut ini adalah daftar makanan untuk diet sehat yang bisa menurunkan dan meningkatkan kadar kolesterol.

1.  Buah dan sayuran

Semua jenis buah dan sayur adalah makanan yang sehat karena mengandung vitamin dan mineral. Tidak mengandung lemak dan kadar kalorinya relatif rendah. Buah dan sayur juga merupakan sumber makanan yang kaya serat. Dimana serat ini berfungsi untuk mengikat kolesterol dan mengeluarkan dari tubuh. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjauhkan seseorang dari risiko penyakit jantung dan stroke.

2.  Daging tanpa lemak

Konsumsi daging tanpa lemak seperti kalkun, ayam, dan ikan bisa ditambahkan ke dalam daftar makanan rendah kolesterol. Bila anda ingin mengkonsumsi daging merah, usahakan proses memasaknya dilakukan dengan benar dan khusus untuk mengurangi kadar lemak dan kolesterolnya.

Pilih bagian yang paling sedikit lemaknya. Minimalisir minyak hasil pembakaran atau penggorengan di dalam daging. Untuk kaldu rebusan daging, pisahkan lemaknya terlebih dahulu, anda bisa menggunakan lemari pendingin untuk mempercepat proses.

3.  Padi-padian

Sebisa mungkin hindari produk tepung putih, kecuali biji-bijian dan sereal dalam makanan. Tepung putih memiliki jumlah karbohidrat yang tinggi dan konsumsi makanan seperti ini dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Biji-bijian diketahui memiliki energi yang tinggi dan kandungan serat makanan. Selain itu, sereal biji-bijian dan kacang-kacangan, roti cokelat, pasta, dan kentang juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

4.  Minyak dan lemak

Sudah pasti minyak dan lemak bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk itu hindari lemak jenuh seperti yang ada pada beberapa produk seperti margarin, mentega, dan minyak yang mengandung lemak jenuh. Anda bisa mengganti dengan minyak ikan. Konsumsi minyak ikan sebanyak 3-4 kali seminggu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Untuk menggoreng makanan, lebih baik gunakan minyak zaitun, karena minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan polifenol. Polifenol adalah senyawa yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko pembekuan darah.

5.  Produk susu rendah lemak

Banyak orang dengan kolesterol tinggi yang menghindari susu, padahal susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya penderita kolesterol tinggi tetap mengonsumsi susu yang rendah lemak.

Selain susu skim atau produk susu rendah lemak, susu kedelai adalah alternatif yang tepat. Terutama susu kedelai Melilea yang terbuat dari bahan organik.

Untuk pemesanan susu kedelai Melilea silahkan hubungi

Telp/WA:
082141510958

atau bisa melalui website Cantik Organik


Dewi Organik

Penulis dan webmaster di Makanan Untuk Diet Sehat

1 Komentar

Susanti · Mei 17, 2019 pada 5:23 pm

Artikelnya bagus, informatif banget. Sekarang ini lagi diet sehat, untuk menurunkan kolesterol. Emang sih, saran dari dokter untuk memperbanyak makan sayur dan buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *