5 makanan pengontrol kolesterol

Dipublikasikan oleh Dewi Organik pada

Jika Anda satu dari jutaan orang di dunia yang memiliki kolesterol tinggi, mungkin Anda akan senang mengetahui bahwa ada makanan yang dapat mengontrol kolesterol dalam darah.

Diet kolesterol memang menyarankan untuk menghindari minyak dan lemak tetapi nyatanya lemak masih tetap diperlukan tubuh. Untuk itu, gantilah lemak Anda dengan lemak yang memiliki nutrisi yang lebih tinggi. Sebenarnya, kunci diet kolesterol adalah mengombinasikan berberapa jenis makanan dari kelompok makanan yang berbeda.

Berikut ini Makanan Pengontrol Kolesterol

Minyak Zaitun dan Produk zaitun

Minyak Zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat dan menaikkan HDL kolesterol.

Seseorang dengan kolesterol tinggi harus menurunkan LDL dan meningkatkan HDL dimana produk Zaitun dapat melakukannya. Campurkan 2 sendok minyak Zaitun dan buah Zaitun pada salad untuk menaikkan kolesterol baik dalam tubuh.

Baca juga:

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian termasuk di dalamnya Kedelai, Lentil, dan sebagainya yang mengandung serat yang tinggi. Biji-bijian pada umumnya sangat rendah lemak dan sama sekali tidak mengandung kolesterol.

Terlebih, biji-bijian memiliki indeks glikemik rendah dan itu berarti bahwa perlu waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan ini dalam perut sehingga Anda tidak mudah lapar.

Jenis kacang Almond dan kacang lainnya dapat menurunkan kolesterol. Kenari dengan kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat.

Mengonsumsi 43.5 gr kacang-kacangan dapat membantu Anda menurunkan resiko penyakit jantung asal kacang-kacangan tersebut tidak diberi garam atau gula.

Buah dan Sayuran 

Terutama buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan betakaroten yang tinggi adalah pilihan yang baik untuk diet kolesterol Anda. Buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C antara lain semua jenis Berry (seperti Strawberry, Cranberry, Blueberry, dan lainnya), Jeruk, Anggur, Mangga, Brokoli, dan Jambu.

Jika ingin memilih sayur dan buah yang mengandung betakaroten tinggi, maka Kesemek, Apricot, Mangga, Wortel, Labu, Brokoli dan Bayam adalah pilihan utama.

Baca Juga: Makanan Organik untuk Diet Sehat yang Baik

Makanan dengan Omega 3 dan Ikan

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi ikan tiga kali atau lebih dalam sehari dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan ikan mengandung omega 3.

Umumnya, semua ikan mengandung omega 3. Namun, omega 3 terbaik bisa didapatkan dari jenis ikan Salmon, Tuna, dan Sardine. Lebih baik membakar atau mengukus ikan dibandingkan menggorengnya karena proses menggoreng berarti menambahkan lemak. Sumber omega 3 lainnya adalah minyak Canola yang dapat diperoleh di supermarket.

Oatmeal dan Makanan Berserat Tinggi 

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Serat yang dapat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Mengonsumsi 10 gr serat dapat mengurangi total kolesterol termasuk LDL kolesterol.

Sumber : deherba.com

Melilea Greenfield Organic atau yang biasa disebut dengan GFO adalah minuman dengan serat tinggi. Terbuat dari bahan-bahan organik yang berkualitas, GFO ini memiliki manfaat sebagai detoks. Terutama untuk detoks saluran pencernaan, serat ini akan mengikat kolesterol untuk ikut terbuang.

Untuk pemesanan Melilea Greenfield Organic silahkan hubungi

Telp/WA:
082141510958

atau bisa melalui website Melilea Indonesia


Dewi Organik

Penulis dan webmaster di Makanan Untuk Diet Sehat

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *