Pantangan Makanan Ibu Hamil

Diawal kehamilan para wanita suka memakan makanan yang disukainya, tapi apa semua makanan itu baik untuk kandungannya? Makanan untuk wanita hamil mungkin sedikit berbeda karena apa yang dikonsumsi itulah yang akan diserap oleh anaknya sendiri.

Makanan bagi wanita hamil juga berbeda dengan makanan sehari-hari, banyak nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan anaknya. Jika si ibu mengalami keracunan makanan dari apa yang telah dimakannya, akan berakibat fatal bagi si buah hati karena secara tidak langsung akan mempengaruhi janin tersebut.

Pantangan-Makanan-Ibu-Hamil
Pantangan makanan bagi wanita hamil haruslah di ikuti agar anak yang nantinya juga akan sehat dan cerdas. Butuh pengawasan dari suaminya agar istrinya tidak melanggar pantangan makanannya.

Berikut 8 jenis makanan yang menjadi pantangan wanita hamil :

1. Daging Mentah
Sosis atau pun steak merupakan daging mentah, jika tidak dimasak matang akan berakibat buruk bagi kesehatan. Daging mentah yang tidak dimasak sampai matang mengandung virus salmonella, E.coli, dan bakteri toksoplasmosis. Dan jika tetap dikonsumsi lagi dapat menggalami gangguan pencernaan mual dan diare. Lebih parahnya kandungan akan keguguran atau lahir prematur. Tetapi hasrat untuk mengkonsumsi daging sangat tinggi pastikan memasak daging mentah diatas 170 ° F. Diusahakan menghindari masakan daging yang kurang matang dan makanan laut juga termasuk.

2. Jauhi Alkohol
Buang pikiran jauh-jauh jika ingin meminum alkohol, karena akan berakibat buruk pada perkembangan janin didalam rahim jika baru saja mengandung. Jika diakhir kehamilan ingin meminum alkohol saya rasa 1 gelas kecil tidak bermasalah, tetapi alangkah baiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

3. Kafein
Kafein tidak akan berakibat buruk bagi sikecil, tapi dianjurkan mengurangi mengkonsumsi kafein.

4. Makanan laut yang mengandung merkuri
Makanan laut seperti ikan salmon, tuna dan udang banyak mengandung omega-3 yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi. Tetapi yang perlu diingat makanan laut juga banyak mengandung merkuri jadi disarankan agar mengurangi asupan makanan laut setidaknya 30% dari asupan sehari-hari.

5. Teh Herbal
Kebanyakan teh herbal tidak terlalu masalah untuk dikonsumsi bagi ibu hamil seperti seperti peppermint atau chamomile. Tapi alangkah baiknya ditanyakan terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan teh herbal tidak membahayakan kandungan, karena daun raspberry dapat menyebabkan kontraksi.

6. Keju Lembut
Keju mengandung bakteri yang berbahaya bagi kandungan jika tidak dipasteurisasi. Sebaiknya diperiksa terlebih dahulu memeriksa label atau lebih bagus menanyakan kepada dokter.

7. Pemanis Buatan
Pemanis buatan mengandung aspartam, nutrasweet dan splenda yang merupakan bahan kimia tambahan dari pemanis buatan dan belum diketahui apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak sebaiknya membatasi diet hamil seperti mengurangi mengkonsumsi soda dan permen bebas gula. Jika lidah ingin memakan yang manis-manis konsumsi sesekali saja.

8. Hati
Hati sapi memang mempunyai nutrisi zat besi dan vitamin A yang dibutuhkan oleh janin. Tapi hati merupakan tempat penyaringan racun dalam tubuh, sangat beresiko jika mengkonsumsi saat hamil.

sumber : Manfaatkesehatan.com

Incoming search terms:

pantangan makanan ibu hamil 8 bulan,pantangan bagi ibu hamil 8 bulan,pantangan ibu hamil 2 bulan,pantangan ibu hamil 8 bulan,pantangan hamil 5 bulan,pantangan hamil 8 bulan,pantangan ibu hamil,minuman lidah buaya untuk ibu hamil,pantangan makanan ibu hamil,pantangan makanan untuk ibu hamil 8 bulan,pantangan ibu hamil 5 bulan,ibu hamil makan lidah buaya,artikel pantangan ibu hamil 5 bulan,pantangan bagi ibu hamil 5 bulan,hamil 8 bulan,pantangan ibu hamil 1 bulan,konsumsi lidah buaya untuk ibu hamil,pantangan makanan ibu hamil 1 bulan,manfaat lidah buaya bagi ibu hamil,manfaat lidah buaya buat ibu hamil
Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *